Resep Dan Cara Menciptakan Wingko Tebas Bagus Dan Enak Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Wingko Tebas Bagus Dan Enak Khas Indonesia


Wingko atau masyarakat sering menyebutnya Wingko tebas merupakan salah satu dari sekian banyak panganan tradisional Indonesia. Wingko tebas merupakan sejenis makanan ringan cantik lembap yang dibentuk dari kelapa sebagai materi utamanya serta ditambah bahan-bahan perhiasan lainnya. Di tempat Jawa khususnya diwilayah pantai utara wingko tebas sangatlah populer sehingga menjadi salah satu buah tangan khas untuk keluarga tercinta.
Bentuk dari wingko tebas sendiri berbentuk lingkaran dan sedikit keras serta biasanya makanan ringan cantik lembut ini dihidangkan dengan potongan-potongan kecil dan dalam keadaan hangat sebagai teman minum teh. Rasa dari perpaduan gula dan kelapa mengakibatkan wingko tebas ini menjadi begitu lezat.
Adapun resep serta bagaimana cara menciptakan makanan ringan cantik ini sebagai berikut.

Bahan-bahan :
  1. 550 gram Tepung ketan.
  2. 75 gram Tepung kanji.
  3. 300 ml santan kelapa kental.
  4. 450 gram kelapa setengah bau tanah (parut).
  5. 400 gram gula pasir.
  6. 1 sdm margarin.
  7. 1 lembar daun pandang (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  8. 1/2 garam halus.
  9. 1/2 sdt vanili bubuk.
  10. Daun pisang secukupnya (sebagai alas).
Bahan untuk polesan :
  1. 2 butir telur (ambil kuningnya saja).
  2. 1/2 sdm margarin.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus santan bersama gula pasir, garam halus dan 1 lembar daun pandan sampai mendidih dan agak mengental.
  • Selanjutnya di tempat terpisah, aduk tepung ketan bersama dengan tepung kanji, kelapa yang telah diparut, margarin serta vanili debu kemudian aduk sampai campuran tercampur rata. Setelah itu, tuangkan rebusan santan tadi secara perlahan sambil terus diaduk sampai campuran menjadi kalis dan sedikit berminyak.
  • Siapkan cetakan atau loyang yang sudah diberi bantalan daun pisang. Kemudian tuangkan campuran tadi kedalam cetakan kemudian ratakan campuran tersebut.
  • Selanjutnya, panggang campuran yang sudah dimasukkan kedalam cetakan tadi memakai panggangan dengan suhu kira-kira 160 derajat celcius selama 20-25 menit. Setelah di panggang kira-kira 20 menit kemudian keluarkan campuran dari oven, beri olesan pada penggalan permukaan campuran dengan materi untuk olesan yang sudah disiapkan.
  • Setelah campuran tadi diolesi, panggang kembali sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  • Terakhir, potong-potong wingo tebas menjadi beberapa penggalan kecil kemudian sajikan diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan wingko tebas cantik dan yummy khas Indonesia ini, semogga sanggup menambahkan wawasan serta pengetahuan ibu-ibu dirumah dalam proses pembuatannya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda