Kue Keciput Renyah Yummy Mudah Ekonomis - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Kue Keciput Renyah Yummy Mudah Ekonomis

Selamat siang semua….
Idulfitri kurang beberapa hari lagi
isian toples sudah penuh belummm…

Kue Keciput Renyah Enak Mudah Ekonomis Kue Keciput Renyah Enak Mudah Ekonomis


Ibu ibu disini niscaya pada sibuk bikin camilan cantik jauh jauh hari ya…
Hari ini saya coba bikin KECIPUT
ternyata bahannya hemat dan gampang bikinnya
Jadinya banyak banget….

Kue keciput terlihat mirip dengan camilan cantik onde-onde, namun berukuran mini dan rasanya sangat renyah. Kue ini ‘polos’ tanpa isian dan bab luarnya juga berbalur biji wijen. Yuk, cari tahu cara membuatnya sendiri biar lebih istimewa.

Versi Wikipedia Indonesia, camilan cantik kering keciput khas lebaran ialah makanan sejenis onde-onde kecil yang berasal dari Jepara Jawa Tengah dan sekitarnya. Rasanya yang enak, dengan ciri khas cantik gurih menciptakan camilan cantik keciput masuk menjadi buah tangan khas dari Jepara.

Bentuk klasik (original) camilan cantik keciput yang terbuat dari tepung ketan ini ialah lingkaran memanjang mirip kotoran ayam yang di balut biji wijen di seluruh bab bulatannya. Jika di lihat sekilas camilan cantik keciput wijen tepung ketan ini memang hampir mirip dengan camilan cantik onde-onde. Namun yang membedakan kalau onde-onde ada isiannya mirip kacang hijau dan kacang hitam yang basah.

Sedangkan untuk resep camilan cantik keciput wijen tepung ketan ini kering, bertekture renyah dan tanpa isian pastinya. Rasanya gurih dan berukuran lebih kecil-kecil daripada onde-onde. Kalau di lihat sekilas malah mirip onde-onde ketawa kecil yang sekali kletus kalau di makan. Sehingga muncul nama gres untuk camilan cantik ini yaitu onde-onde ceplis dan onde onde crispy.

Cara menciptakan resep camilan cantik keciput wijen tepung ketan yang renyah ini berdasarkan saya cukup gampang dan tidak sulit. Untuk proses pembuatannya sendiri berasal dari materi utama telur, margarin, tepung terigu dan juga campuran perasa. Semua materi tersebut dicampur dan di aduk menjadi satu hingga rata. Tunggu campuran mengembang dan campuran mengeras, camilan cantik keciput pun siap untuk di bentuk lingkaran memanjang atau lingkaran kecil-kecil sesuai selera.

Usai membentuk campuran camilan cantik keciput wijen ukuran kecil atau ukuran kotak dadu, tak lupa campuran diayak dengan wijen. Cara ini biar lebih gampang untuk menaburkan wijen secara merata ke seluruh permukaan kue. Baru deh di goreng hingga terapung dan berwarna kecoklatan dengan memakai api kecil.

Tak panjang lebar lagi, pribadi saja yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Kue Keciput Wijen Tepung Ketan mirip berikut ini.

Kalau ada yang mau resepnya
monggo dicatet ya

Bahan
  • 1 bungkus tepung ketan rose brand
  • 4 butir telor
  • 9 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan mentega
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • Sejumput garam
  • 1/4kg Wijen
  • Air secukupnya

Cara membuat
  1. Siapkan wadah, masukkan telor,gula,garam, soda kue,dan mentega…
  2. Kocok hingga gula larut
  3. Setelah itu masukkan tepung ketan.. Uleni hingga tercampur rata
  4. Tambahkan air jikalau dirasa campuran masih kering
  5. Siapkan wijen
  6. Bentuk campuran melonjong lalu gulingkan di wijen
  7. Lakukan hingga campuran habis ya
  8. Setelah itu panaskan minyak… Goreng hingga kecoklatan
  9. (apinya jangan gede gede yaaa… )

SELAMAT MENCOBA 

Sumber : facebook

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda