Resep Dan Cara Menciptakan Combro Lezat Dan Gurih Khas Bandung - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Combro Lezat Dan Gurih Khas Bandung

 

Salah satu panganan atau masakan khas Indonesia lainnya yaitu combro. combro adalah panganan yang sangat khas dari kawasan Bandung, Jawa Barat. Combro memiliki materi dasar berupa singkong yang diparut halus kemudian di bentuk lonjong dan diberi isian berupa sambel oncom yang kemudian dogoreng sampai matang,oleh alasannya ialah itu mengapa masyarakat menyebutnya combro karena kependekan dari Oncom di jero atau dalam bahasa sunda yang mempunyai arti Oncom didalam. Combro yang berbentuk bundar lonjong ini sering disebut juga comro atau gemet.
Di kawasan Karawang ada jenis combro yang mempunyai nama abnormal ibarat combro setan, combro jenis ini hanya penamaannya saja yang berbeda tapi mempunyai rasa yang sama dikarenakan untuk seni administrasi bisnis saja. Combro jenis ini tidak mengecewakan pedas, hanya beda pada rasa pedasnya saja dengan combro pada umumnya. Itulah mengapa dinamakan combro setan dikarenakankan mempunyai rasa yang sangat pedas.
Mengenai rasa, combro memiliki cita rasa yang enak dan gurih bila disantap dalam keadaan hangat dan diberi sambal biar combro lebih lezat. Untuk menciptakan combro tidaklah sulit.
 

Bahan-bahan :

1. 1 kg singkong (kupas kulitnya kemudian bersihkan).
2. 150 gr kelapa.
3. 3 sdm tepung kanji.
4. 2 btg daun bawang (iris tipis).
5. 1 sdm garam halus.
6. minyak goreng secukupnya.

Bahan-bahan untuk isian :

1. 300 gr oncom (diulek kasar).
2. 3 siung bawang putih.
3. 3 siung bawang merah.
4. 1 btg daun bawang (iris tipis).
5. 5 bh cabe merah.
6. 1 sdt merica bubuk.
7. garam halus secukupnya.
8. gula pasir secukupnya.

Cara menciptakan :

  1. Pertama, parut singkong yang sudah dicuci dan dibersihkan kemudian peras parutan singkong bila masih mempunyai kandungan air, kemudian parut juga 150 gr kelapa tadi. Setelah diparut, Campurkan kedua parutan tadi kemudian masukkan tepung kanji, daun bawang yang telah diris dan garam. kemudian Aduk-aduk sampai gabungan merata, kemudian tiriskan.
  2. Selanjutnya, haluskan materi untuk isian combro antara lain bawang putih, bawang merah, dan cabai, kemudian siapkan wajan dan tumis sampai harum. Setelah itu masukkan oncom, daun bawang, merica, garam dan gula pasir kemudian masak sampai semua materi tercampur merata. Setelah matang kemudian angkat dan tiriskan materi isian combro ini.
  3. Untuk cara menciptakan combro, mula-mula ambil gabungan singkong yang telah dicampur tadi kira-kira segumpal tangan, kemudian pipihkan kemudian beri isian oncom yang sudah ditumis tadi. Selanjutnya gulung gabungan sampai isian oncom tad tertutup merata. Kemudian bentuk gabungan combro membentuk bundar lonjong.
  4. Lakukan untuk semua gabungan singkong sampai habis.
  5. Terakhir, siapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng. Goreng semua gabungan combro yang sudah diberi isian tadi sampai matang kecoklatan. Setelah combro matang, angkat dan sajikan combro diatas piring saji.
Combro nikmat disantap dengan sambal cocolan bersama dengan teh hangat. selamat mencoba resep dan cara menciptakan combro enak dan gurih khas kota Bandung.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda