Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Goreng Tempe Yang Gurih Dan Enak Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Goreng Tempe Yang Gurih Dan Enak Khas Indonesia


Sambal atau sambel merupakan salah satu jenis panganan suplemen yang memiliki rasa pedas dimulut tetapi akan sangat nikmat disantap saat dicampurkan dengan nasi yang masih hangat dan lauknya. Orang Indonesia populer akan kesukaannya terhadap kuliner pedas terutama sambal. Sambal memiliki banyak variasi pengolahannya, mulai dari sambal terasi, sambal tumis, sambal kentang, sambal goreng tempe serta masih banyak lagi variasi sambal yang sanggup diolah. Dalam artikel kali ini akan difokuskan membahas ihwal apa resep dan bagaimana cara menciptakan sambal goreng tempe. Sambal goreng tempe ini memakai materi dasar berupa tempe yang kemudian dicampur dengan racikan sambal dan kemudian digoreng goreng kering sampai tempe sedikit garing.
adapun langkah-langkah dalam menciptakan sambal goreng tempe ini antara lain :

Bahan-bahan :
  1. 500 gram tempe kwalitas baik.
  2. 150 gram ikan teri (cuci bersih).
  3. 1 buah kentang (kupas kemudian potong dadu).
  4. Minyak goreng secukupnya (untuk menggoreng).
Bahan bumbu yang akan dihaluskan :
  1. 12 buah cabe merah keriting (kupas bab tangkainya).
  2. 10 siung bawang merah.
  3. 4 siung bawang putih.
  4. 1/2 sdm terasi (bakar).
  5. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  6. 2 ruas lengkuas (kira-kra ukuran 5 cm).
  7. 100 gram gula merah (sisir halus).
  8. 4 sdm air asam jawa.
  9. 1 sdt garam halus.
Cara Membuatnya :
  • Mula-mula iris-iris kecil tempe ibarat korek api lidi. Kemudian goreng ikan teri, cuilan kentang, dan tempe yang sudah diiris tipis tadi sampai matang kemudian angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, ulek sampai halus materi bumbu yang dihaluskan mirip cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi dan air asam. Ditempat terpisah, panaskan kembali minyak goreng secukupnya kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi bersama dengan serai, lengkuas, gula merah, serta air asam jawa kemudian tumis sampai harum.
  • Setelah itu masukkan tempe, ikan teri, kentang yang sudah digoreng tadi serta garam halus kedalam tumisan sambal dengan api yang kecil, kemudian Aduk-aduk sampai semua materi tercampur rata.
  • Terakhir, angkat dan sajikan sambal goreng tempe diatas mangkuk sebagai menu pelengkap.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan sambal goreng tempe yang gurih dan yummy khas Indonesia ini, biar sanggup membantu serta menambahkan resep masakan didapuribu-ibu dirumah. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda