Resep Nasi Kuning Pulen, Enaknya Bikin Nambah Terus - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Nasi Kuning Pulen, Enaknya Bikin Nambah Terus

Nasi kuning merupakan salah satu sajian nasi yang biasanya banyak disajikan dikala perayaan tertentu, baik itu hajatan, syukuran atau lain sebagainya. Selain itu, nasi kuning juga merupakan salah satu hidangan yang digemari untuk hidangan sarapan. Rasanya yang yummy dengan hidangan aksesori yang sehat sangat cocok dijadikan sebagai hidangan dikala pagi hari.

 Nasi kuning merupakan salah satu sajian nasi yang biasanya banyak disajikan dikala peraya Resep Nasi Kuning Pulen, Enaknya Bikin Nambah Terus


Anda sanggup menciptakan nasi kuning mudah sebagai hidangan sarapan pagi hari. Cara menciptakan nasi kuning mudah tentunya sangat gampang dan sederhana. Bahan dan bumbu yang dibutuhkannya gampang didapatkan. Anda sanggup mengkombinasikan nasi kuning mudah ini dengan lauk pauk atau materi aksesori sesuai dengan selera anda dan keluarga.

Bunda niscaya sering tahu nasi kuning, biasanya sering disuguhkan pada program hajatan. Nasi kuning sendiri jadi masakan khas Indonesia yang sangat terkenal. Makanan ini dibentuk dari materi beras yang dimasak dengan kunyit, rempah-rempah dan santan. Biasanya pada santannya diberi tambahan bumbu supaya rasanya jauh lebih yummy Bunda.

Nah, nasi kuning selain punya warna yang khas rasanya juga sangat khas kalo dibandingin sama nasi putih biasa. Nasi kuning ini sering digunakan sebagai tumpeng, dan disajikan lauk macam-macam khas dari Indonesia. Resep nasi kuning pulen khas Indonesia selalu laku di beberapa bab daerah.

Tumpeng yang memakai nasi kuning akan melambangkan gunung emas dimana artinya kekayaan, kemakmuran dan jug a etika yang luhur loh Bunda. Makara enggak sekedar yummy tapi ada filosofinya juga. Sering digunakan pada program hajatan, bahkan kini banyak juga para orang bau tanah yang memperlihatkan suguhan nasi kuning dikala ada program ulang tahun anak. Nah, untuk membantu menyenangkan anak, sanggup juga merayakan ulang tahun dengan memakai resep nasi kuning pulen. Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak kok Bunda. Daripada memasak sendiri, ada baiknya bikin sendiri di rumah Bunda. Bisa diadaptasi sama selera keluarga dan porsi disesuaikan.

Buat bikin nasi kuning yang yummy bahwasanya enggak terlalu repot kok Bunda. Memang membutuhkan sedikit lebih banyak perjuangan daripada nasi putih. Makara nggak bakalan nyesel. Usaha itu akan terbayar sama rasa yang diberikan oleh nasi kuning. Nah, berikut ini materi sama langkah buat bikin resep nasi kuning pulen sendiri di rumah.

Bahan-bahan :
  • 1500 gram Beras
  • 1800 ml santan
  • 2 sdm kunyit
  • 2,5 sdm garam halus
  • 5 lembar daun salam
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 1/2 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdm ketumbar sangrai, dihaluskan (optional)

Langkah Membuat :
  1. Panaskan pengukus nasi (dandang, langseng,) kukus beras selama 30 menit.
  2. Rebus santan bersama daun salam, daun jeruk, kunyit, garam, serai dan daun pandan. Tunggu hingga mendidih,
  3. Masukkakn beras yang dikukus tadi. Tuang air jeruk nipis, aduk2 tunggu hingga set.
  4. Kukus kembali hingga matang, 30-35 menit.
  5. Siapkan ganjal untuk nasi kuning (saya pakai ganjal untuk kue)ambil wadah berbentuk kotak kemudian masukkan nasi kuning, padatkan kemudian keluarkan dan taruh di atas alasnya, hias sesuai selera.
  6. Siap dihidangkan.

Saran Penyajian
  1. Kalau sudah matang, sanggup disajikan dengan memakai lauk pauk sesuai selera
  2. Nasi kuning sanggup dinikmati bersama.

Nah, itu beliau Bunda materi dan langkah yang sanggup digunakan buat bikin resep nasi kuning pulen di rumah. Bahan yang digunakan lebih gampang didapat, terus langkahnya juga engga terlalu ribet. Siapa tahu nanti sanggup jadi perjuangan di rumah dengan mendapatkan pesanan menciptakan nasi kuning. Lumayan untuk pemasukkan Bunda, tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Bunda, Terimakasih.

Sumber

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu yaitu anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda